Sabtu, 15 Oktober 2011

Bintik Merah di Pipi Bayi

Bintik-bintik merah di pipi bayi sering dianggap sebagai iritasi yang disebabkan oleh percikan ASI. Kenyataannya, tidak semua bintik-bintik merah itu merupakan akibat dari reaksi kulit terhadap ASI. Yang terjadi pada Rafa tadinya kami kira merupakan akibat terkena lelehan air mata karena jarang sekali pipi Rafa terkena percikan ASI. Yup, saya adalah Manda yang cermat yang selalu memakaikan slaber didagu bayi setiap memberi ASI, dan tak pernah lupa langsung menyeka bekas ASI yang terpercik di pipi Rafa.

Beberapa hari terakhir Rafa terlihat semakin tidak nyaman sama bintik-bintik di pipinya. Tidur malam pun selalu "usrek" garuk-garuk muka sampe lecet di beberapa bagian.


bintikpipi

Selidik punya selidik, ternyata bintik-bintik merah di pipi bayi bisa jadi di sebabkan oleh alergi minum ASI yang diselingi dengan susu formula. Untungnya bintik-bintik merah itu bisa dengan mudah dihilangkan dengan salep anti alergi.

Akhirnya semalam mumpung mau beli pompa asi baru, kami mampir sekalian beli salep alergi khusus untuk bayi.


Tidak ada referensi tertentu sih, cukup ditanyakan saja ke apotekernya, salep alergi untuk kulit wajah bayi. Si mbak Apoteker memberi kami salep Kalcinol N yang langsung saya oleskan sebelum Rafa bobo.

Reaksinya lumayan cepat, bahkan tengah malem waktu saya bangun untuk beri ASI, warna merah di pipinya sudah memudar. Dan besoknya, bintik-bintiknya sudah mulai berkurang.


bintikpipihilang
Rafa says "Hi!"

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...