Selasa, 15 November 2011

The Chronicles of Baby Sitter, Dilema Ibu Yang Bekerja

image source

Menyerahkan si kecil untuk diasuh orang lain bisa jadi hal yang paling sulit dilakukan. Membaca referensi dan review mengenai jasa baby sitter di ibu kota di website ini mungkin bisa bikin para manda yang bekerja jadi makin ragu-ragu dan memutuskan untuk berhenti kerja saja supaya bisa mengurus sendiri anaknya.

Sayangnya tidak semua orang hidup di dunia yang ideal dimana sang ayah pergi bekerja setiap pagi sementara sang ibu mengurus rumah tangga dan mengasuh anak full time (I wish..). Berkaca dari pengalaman-pengalaman manda-manda yang lain, ada beberapa hal yang ekstra penting untuk dilakukan sebelum mempekerjakan baby sitter;

1. Pilih baby sitter yang bersih dan sehat lahir batin. Bayi masih sangat rentan untuk tertular penyakit dan sistem imun nya masih lemah, jadi kebersihan adalah hal yang sangat penting.

2. Pastikan baby sitter tau cara merawat bayi termasuk cara mensterilkan botol, memandikan, dll. Kalau manda punya banyak waktu, tidak masalah untuk mengajari calon baby sitter manda mengenai hal-hal khusus yang harus dilakukan dalam merawat bayi.

3. Selalu pastikan identitas calon baby sitter. Foto copy KTP tidak cukup, pastikan manda meng-cross check identitas calon baby sitter termasuk latar belakangnya untuk berjaga-jaga kalau ada sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Ajak baby sitter untuk berfoto bersama bayi manda. Pastikan wajahnya terlihat jelas karena hal ini akan sangat berguna apabila suatu saat baby sitter manda menghilang tanpa berita. Just be careful jangan sampai menyinggung perasaan sang baby sitter saat meminta fotonya.

5. Lebih baik menyewa jasa baby sitter orang yang sudah manda kenal. Baby sitter Rafa adalah tetangga saya sendiri :D. Manda juga bisa meminta referensi dari orang-orang terdekat. 

6. Apabila manda tidak mempunyai pilihan lain selain menggunakan jasa Yayasan Baby Sitter, tetap lakukan tips nomor 1. Jangan pernah merasa tenang hanya dengan memegang foto copy KTP karena kartu identitas keluaran negara kita sampai saat ini (sayangnya) masih banyak yang belum bisa dipertanggung jawabkan.

7. Cek list Yayasan Baby Sitter di website ini untuk mengecek kredibilitasnya. Sekali lagi akan sangat berguna apabila manda bisa mendapatkan referensi dari orang yang pernah secara pribadi mencoba jasa dari Yayasan atau baby sitter tsb.

8. Terakhir dan yang paling utama, percayalah pada insting manda. Mintalah masa percobaan paling tidak seminggu dulu untuk melihat kinerja calon baby sitter. Apabila ada yang aneh atau kurang wajar yang sekiranya tidak bisa ditoleransi atau berpotensi mengganggu kedepannya, sebaiknya jangan dilanjutkan. Sampai saat ini tidak ada yang bisa menyanggah kuatnya insting seorang ibu terutama bila mengenai keselamatan bayinya.

Apabila manda sudah menyewa seorang baby sitter, selalu perhatikan reaksi bayi manda disekitar baby sitter. Apabila si bayi rewel, menunjukkan ketakutan atau ketidak nyamanan, jangan gampang percaya dengan alasan sakit atau tidak enak badan. Lakukan inspeksi mendadak atau bila perlu pasang kamera tersembunyi supaya manda bisa memonitor kinerja sang baby sitter.

Kekerasan yang dilakukan babysitter nggak butuh waktu lama lama kok, cukup 5-10 menit, tapi bisa saja ternyata sering dilakukan, dan takutnya berdampak negative kepada anak kita. Sekali lagi jangan pernah anggap enteng insting manda demi keselamatan si bayi.

Apabila manda beruntung mendapatkan baby sitter yang tidak hanya cakap dalam bekerja tetapi juga sayang kepada bayi manda, pastikan manda memberikan penghargaan yang pantas. Sangat penting menjaga perasaan baby sitter manda karena mereka secara langsung mengurus bayi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...