Jumat, 11 November 2011

My Perfect Pancake


Walaupun bukan makanan yang sering dipilih untuk sarapan (yeah, orang Indonesia dan ketergantungan terhadap nasi :D), Pancake merupakan salah satu makanan yang paling mudah dibuat dan cukup enak untuk dimakan saat saya sedang ga mood untuk makan makanan berat.

Sayangnya, membuat pancake yang fluffy alias tebal dan empuk cukup sulit karena saya tidak juga menemukan resep yang tepat. Untungnya salah satu koki favorit saya Titli Nihaan dari Titli's Busy Kitchen punya resep yang tidak hanya simpel, tetapi juga sangat sesuai dengan hasil yang saya harapkan.

Resep dari Titli saya tambahkan pisang untuk menambah rasa dan tekstur. Berikut resep lengkapnya:


Pancake Pisang (Modifikasi dari Titli's Flapjacks)

Bahan-bahan:

2 buah pisang (saya pakai pisang barangan)
1 butir telur
180 ml susu cair
2 sdm margarine dicairkan
150 gr tepung terigu
2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1,5 sdt baking powder

Cara membuat:

- Lumatkan pisang, kocok dengan telur sampai halus.
- Tambahkan susu dan margarine cair. Sisihkan.
- Campur tepung terigu, gula pasir, garam dan baking powder, aduk rata.
- masukkan campuran tepung ke adonan telur dan susu yang sebelumnya disisihkan, aduk rata.
- Masak diwajan anti lengket tanpa minyak/margarine (kalo nekat pake warnanya jadi ga cantik/terlalu pucat)
selesai :)


buat yang suka masak memasak, coba deh cek Titli Nihaan's Channel di Youtube. Resep-resepnya simpel, hitungan bahan-bahannya memakai grams (yang mana sangat membantu dibandingkan cooking channel luar negeri yang lain) dan videonya lucu-lucu. Ga percaya? coba deh lihat salah video tutorial merebus telurnya disini ^__^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...