Rabu, 16 November 2011

Lovey, Yes or Not?

 
 image source
Lovey adalah sebutan untuk benda kesayangan balita (umumnya berupa selimut atau sering disebut blankie) yang kadang-kadang sering menjadi benda paling berharga bagi si bayi. Ada anak yang ga bisa bobo kalau ga meluk atau mencium-cium lovey-nya, bahkan ada yang suka ngamuk kalau lovey-nya dicuci. Lovey, yang didaerah saya disebut sebagai aktifitas "mentil", sering menjadi pengantar tidur atau penenang yang paling mujarab.

 image source
Konsep asal Lovey adalah benda yang memiliki aroma, tekstur atau elemen yang paling mendekati lingkungan atau suasana ternyaman bagi si bayi. Membuat mereka otomatis merasa rileks dan tenang dan lebih mudah tidur.

Tahukah Manda, walaupun lovey sering jadi masalah karena sulitnya si anak melepas ketergantungan terhadap lovey-nya, benda ini sebenarnya sangat berguna untuk memupuk kemandirian bayi terhadap orang tuanya. Manda yang akan mulai membiasakan anaknya bobo sendiri bisa "membuat lovey" dengan cara meniduri selimut khusus atau boneka yang nyaman selama beberapa hari, untuk mentransfer aroma alami manda kedalam benda yang dijadikan lovey. Benda itu nantinya bisa membantu anak Manda untuk merasa lebih rileks walaupun Mandanya tidak lagi menemani tidur malamnya.

 image source
Jangan khawatir kalau anak Manda akan sulit melepas lovey-nya sampai dewasa nanti, karena hal-hal baru yang muncul dimasa pertumbuhannya pelan-pelan akan membuat si anak mampu melepaskan diri dari ikatan mereka kepada lovey nya masing-masing.

Walaupun saya baru punya 1 bayi berumur 3 bulan, yang belum punya lovey (kecuali menarik-narik kuping dan menghisap jari bisa disebut sebagai lovey), tetapi saya sering berhubungan dengan anak-anak yang punya lovey dengan berbagai macam bentuk.

Sepupu saya waktu kecil ada yang ga bisa tidur kalau ga minum susu sambil bobo diatas alas favoritnya, sepupu saya yang satu ga bisa bobo kalo ga ngempeng sambil narik-narik pusernya... 

Yang paling aneh mungkin keponakan saya yang sekarang sudah SD, dulu waktu masih balita, dia paling suka bobo sambil menarik-narik bulu ketiak ayah saya hehehehe... Sampai sekarangpun dia kadang-kadang masih suka memegang ketiak ayah saya dan menciumi baunya just for fun *ew*

Apakah  manda yang lain pernah menemui lovey atau kebiasaan "mentil" yang lebih aneh? Do tell!

3 komentar:

  1. oh, begono yah... baru tahu geu... bermanfaat banget buat Unyuk....
    pisangnya mantab!!! ... ngak ngukk ngaaaaaaaaakkk

    BalasHapus
  2. hahahaha...

    first comment blogku oleh seorang Unyuk...

    alhamdulillah yah.. siswanto banget..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...